cara menggunakan switch case di PHP

Switch merupakan salah satu kode php yang digunakan untuk menentukan atau memilih data yang dimasukan. Fungsi swtich ini memiliki fungsi yang sama dengan if, namun menurut saya sendiri kode ini sangat berguna untuk mengefisiensikan kode pilihan yang pendek. Sehingga data akan tampak terstukturm dan mudah untuk di edit suatu saat nanti.

Penggunaan switch sangat mudah, kita hanya memerlukan kode seperti berikut ini :

switch (variabel) {case, perintah, break}

atau :

switch (Variabel)

{
 case "nilainya";
 --Perintah--
 break;
}

Pada kode tersebut, untuk mengetahui dan memmilih data yang diberikan, maka menggunakan “case” dan diakhiri dengan “break;”. Kita dapat memberikan “case” sebanyak yang kita mau, tergantung pilihan yang kita inginkan.

Untuk mempermudah dalam memahaminya, mari kita terapkan dalam kode PHP, silahkan buka text editornya, disini saya menggunakan Software Notepad++. Setelah itu ketikan Kode perintah PHP berikut ini:

<?php

$masukan="ARI_PRAYOGI_PUTRA";
switch ($masukan)

{
 case "PAK_SOEKARNO";
 echo "Selamat datang bapak Soekarno di website ini, pembahasan tentang switch";
 break;

 case "PAK_JOKOWI";
 echo "Selamat datang pak jokowi di website ini, pembahasan tentang switch";
 break;

 case "PAK_DONI";
 echo "Selamat datang PAk Doni di website ini, pembahasan tentang switch";
 break;

 case "ARI_PRAYOGI_PUTRA";
 echo "Selamat datang Kembali Ari Prayogi Putra di website ini, pembahasan tentang switch";
 break;
}

?>

Pada kode tersebut saya menggunakan Variabel “$masukan” dengan isi “ARI_PRAYOGI_PUTRA”. Mula-mula kita masukan dulu nama variabelnya pada kode “switch (nama_varibel)”, lalu kita masukan perintah “case (nilai)”, yang berguna untuk menentukan apakah pada case ini nama varabelnya sama. jika variabelnya sama, maka akan ditampilkanlah suatu perintah, disini saya menggunakan perintah ” echo”, yang berfungsi untuk menampilkan data.

Silahkan simpan perintah tersebut dengan nama (switch.php), dan jalankan pada aplikasi browser dengan bantuan software apache, disini saya menggunakan Software XAMP. Kurang lebih tampilannya akan tampak seperti gambar berikut ini :

cara menggunakan switch case di php dengan contoh nama

Itu dia pembahasan singkat tentang ” switch”, biasanya saya menggunakan switch ini pada perhitungan bulan, atau data-data yang simple. Sedangkan untuk data-data yang berat dan sedikit rumit, sebaiknya menggunakan pemilihan dengan IF dan ELSE, oh ya  terimakasih sudah sedia menamani. Jika ingin belajar PHP secara sederhana, Bisa klik link berikut.

Cara Membuat halaman website dengan Php

See also  Fungsi dan Penggunaan If Else dan Else if

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *