Penjelasan tentang HTML (Hypertext Markup Language)

assalamualakum friend, salam kenal dan selamat berjumpa di blog saya yang sederhana ini, kali ini saya akan menjelaskan tentang markup HTML. Markup HTML adalah sekumpulan kode yang sangat sederhana, namun di balik kesederhanaan tersebut tersimpan berjuta fungsi.

Penjelasan tentang Markup HTML

Apa Itu HTML ?

HTML adalah kependekan dari hypertext markup lenguage. dan lebih di kenal  sebagai penyusun struktur web. oke, mungkin itu penjelasan singkat dari html. fungsi html sendiri digunakan sebagai pembangun suatu website di internet, dimana dengan adanya html, maka pembuatan website menjadi lebih mudah.

html bukanlah suatu bahasa pemrogrman, tetapi merupakan markup untuk menciptakan suatu struktur web. jika di ibaratkan dalam suatu bangunan, maka html merupakan besi atau pondasi dari suatu rumah.

html perlu dipelajari sebelum anda mempelajari bahasa pemrograman seperti PHP, hal ini karena, dalam html kita bisa mempelajari bagaimana sebuah web bekerja. untuk belajar HTML sendiri, tidak diperlukan waktu yang lama, mungkin hanya dalam waktu seminggu, kita sudah mahir dalam HTML.

Ketika belajar HTML, kita tidak perlu menghapal semua kodenya. yang kita perlukan adalah pemahaman, kita mengetahui fungsi dari tiap tag html dengan baik. selebihnya kita simpan kode tersebut dalam buku catatan yang kita miliki. siring waktu, tag HTML akan terhapal secara tersendiri, jadi mulailah memahami setiap tag HTML.

Bagaimana penulisan HTML ?

memang benar, tanpa melihat seperti apa kode markup HTML, kita akan mengalami kesulitan. baiklah mari kita mengenal seperti apa kode HTML itu, lihatlah sutu contoh kode HTML berikut ini.

Dasar HTML yang paling penting ?

  • <html> : kode ini perlu digunakan, karena kode tersebut merupakan suatu penentu terciptanya file html.
  • </html> : sedangkan kode ini digunakan untuk menutup kode html, tanpa bagian ini maka sebuah markup HTML tidaklah lengkap. jadi pastikan mata anda jeli dalam melihat kode HTML, karena jika terdapat kesalahan. maka bisa saja suatu file html tidak bekerja dengan baik.
  • <head> tag ini digunakan untuk judul dari halaman site anda. selain itu, pada area ini seringkali digunakan untuk menyisipkan kode pemrograman seperti JavaScript. pada area ini juga sering digunakan untuk Tag meta, dan pemasangan iklanotomatis google adsense. jangan lupa untuk menambahkan kode </head> sebagai penutup kode.
  • <title> : tag ini dapat dikatakan sebagai judul dari suatu halaman. biasanya akan tampil pada bagaian address bar suatu aplikasi broser. tag ini juga penting untuk dipasang, selain sebagai promo, ini juga membantu user dalam mengenali halaman apa yang sedang dibuka. jangan lupa juga untuk menambahkan kode penutupnya seperti </title>.
  • <body> : tag ini merupakan bagian terpenting dalam markup HTML, karena pada area inilah kita akan menampilkan isi dari suatu halaman kepada pengunjung (user). tag ini ditutup dengan kode </body>.

 

jadi secara sederhana, mula mula kita buat kode <html>, lalu kita tambahkan kode <head> yang diakhiri dengan </head>, setelah itu, untuk membuat judul kita buat tag <title>dan </title> di dalam tag head. nah, untuk menampilkan isian HTML, maka kita tambahkan tag <body>, setelah itu kita tutup kembali dengan kode tag penutup </html>.

mudah bukan.. ?, Ok sekarang kita akan coba buat file .html, pertama-tama, buka aplikasi notepadnya, bisa juga menggunakan notepad ++, tergantung text editor yang kamu butuhkan.

Notepad untuk editor html

setelah aplikasinya terbuka, maka masukan perintahnya seperti ini :

<html>
<head>
   <title>aku belajar html</title>
</head>
<body>
  nah ini yang akan saya tampilkan di browser
</body>
</html>

lihat pada gambar aplikasi notepad berikut :

contoh penulisan html dalam text editor

setelah itu mari kita simpan filenya, ingat namanya harus berakhiran .html dibaca (dot html) atau .htm (dibaca dot htm). jadi jika anda ingin menamainya belajar, maka anda harus menulisnya belajar.html

ingat tidak boleh menggunakan spasi, jikalau kamu ingin menggunakan dua kata maka kamu harus menggunakan tanda ” _ ” (tanpa tada petik), jadi misalkan  belajar lagi.html harus di ubah menjadi belajar_lagi.html
lihat gambar di bawah ini :

cara menyimpan file html

setelah file tersebut di simpan, silahkan cari lokasi file tersebut. lalu buka dengan aplikasi browser seperti google chrom, mozila firefox, internet explorer, dan sebagainya. kurang lebih tampilannya akan tampak seperti gambar berikut

hasil tampilan di browser pada kode html

 

oke, selamat, sekarang anda sudah mahir dalam membuat file html pertama anda. selamat berjumpa di tulisan kami lainnya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *